Wednesday, October 3, 2012

Konser Duo Jap Tji Kien dan Kuei Pin Yeo



Yayasan Musik Indonesia akan menggelar konser musik klasik bertema 
Basically Brahms pada Minggu (7/10) di Jakarta. Jakarta menjadi kota kedua dan terakhir dari rangkaian konser ini, setelah sebelumnya diselenggarakan di Surabaya pada Jumat (28/9).
"Konser ini merupakan acara pembukaan dari serangkaian aktivitas sepanjang tahun untuk memperingati perayaan 30 tahun berdirinya Yayasan Musik Jakarta," ujar Stephanie Jaya, Direktur Pengembangan Yayasan Musik Jakarta dalam siaran persnya kepada C&R Digital, Rabu (3/10).
Konser tersebut akan menampilkan permainan dari biola dan biola-alto oleh Jap Tji Kien serta permaianan piano oleh Dr Kuei Pin Yeo. Kedua musisi ternama di Indonesia tersebut akan membawakan karya-karya legendaris dari Johannes Brahms, seorang pianis sekaligus komponis klasik di zaman Romantik dari 1833 hingga 1897.
"Maksud dari perayaan ini adalah untuk mengajak masyarakat pecinta musik untuk menikmati berbagai kegiatan musik yang dipersembahkan oleh Yayasan Musik Jakarta," kata Stephanie. "Kedua musisi itu akan menyajikan komposisi musik klasik sesuai karakter masing-masing."
Dr Kuei Pin Yeo adalah pianis sekaligus seorang doktor musik pertama di Indonesia. Dia juga dinobatkan sebagai peraih gelar musik terbanyak. Dr Kuei Pin Yeo adalah seorang pendiri Yayasan Musik Jakarta bersama Jap Tji Kien.
Sedangkan Jap Tji Kien, yang tak lain suami dari Dr Kuei Pin Yeo ini merupakan seorang pemain biola tunggal, guru biola dan pembimbing orkes baik di dalam dan luar negeri. Dalam konser nanti, Jap Tji Kien akan tampil dengan permainan biola dan biola-alto, yang merupakan pagelaran pertama kali di Indonesia dalam satu pertunjukan seseorang memainkan dua alat tersebut.
Pada bulan Juni 2013 mendatang, Yayasan Musik Indonesia akan merayakan hari jadinya dengan menggelaar rangkaian perayaan di tahun ini. Konser musik klasik kali ini merupakan wujud nyata selama 30 tahun perjalanan Yayasan Musik Indonesia sebagai sebuah institusi pendidikan musik di Indonesia.

No comments:

Post a Comment