Tuesday, October 16, 2012

Guitar World Nobatkan Eddie Van Halen Gitaris Terbaik



Gitaris grup band Van Halen, Eddie Van Halen, dinobatkan oleh Majalah Guitar World sebagai gitaris terbaik nomor satu sepanjang sejarah. Kabar tersebut muncul dalam laporan NME, akhir  pekan lalu.

Eddie, yang belakangan diketahui adalah keturunan Indonesia ini, mengalahkan nama-nama legendaris seperti Jimi Hendrix dan Brian May (Queen). Adapun pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara yang dilempar kepada pembaca Guitar World.

Pria berusia 57 tahun ini Eddie ini memulai karirnya sebagai pendiri Van Halen pada 1972 silam. Band tersebut hingga kini telah mempunyai 12 album. Album teranyar mereka yang berjudul A Different Kind Of Truth baru saja dirilis Februari tahun ini, setelah sebelumnya lama tidak merilis album. Tercatat album Van Halen sebelumnya yakniVan Halen III rilis 14 tahun lalu.

Adapun untuk Brian May, menempati posisi kedua sebagai gitaris terbaik di dunia. Sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh gitaris proggressive rock asal band Rush, Alex Lifeson, Kemudian di posisi keempat ditempati gitaris rock dan blues asal AS, Jimi Hendrix. Di posisi kelima ditempati oleh instruktur gitar legendaris, Joe Satriani.

Posisi keenam hingga ke-10 secara berurutan dihuni oleh Jimmy Page (Led Zeppelin), Tony Iommi (Black Sabbath), Stevie Ray Vaughan, Dimebag Darrell (Pantera), dan Steve Vai.

Sebagai informasi, tahun lalu, Eddie juga pernah dinobatkan sebagai gitaris terbaik dunia urutan kedelapan dalam Top 100 Guitarist versi Rolling Stone. Pemilihan waktu itu juga melalui pemungutan suara, namun yang memilih adalah gitaris-gitaris handal lain di dunia. 

No comments:

Post a Comment