Thursday, October 4, 2012

Batik Indonesia Tampil dalam Game Dirt 2



Motif kain batik khas Indonesia tidak hanya mampu melintasi batas dunia nyata dan dunia maya, tetapi juga dunia game. Situs resmi komunitas GameXeon Indonesia menyebutkan, melalui tangan-tangan kreatif para modders (sebutan bagi orang yang hobi memodifikasi) Indonesia, batik dapat masuk ke dalam game.
GameXeon telah menciptakan mobil balap bermotif batik dalam permainan balap mobil bernama Dirt 2 buatan Codemasters, sebuah perusahaan pengembang software game yang berbasis di Warwickshire, Inggris. Mobil balap itu menjadi daya tarik bagi gamer di Indonesia. Di setiap serinya, Dirt selalu menawarkan kualitas gambar dan gameplay yang terus-menerus disempurnakan.
Seperti yang dikutip dari situs resmi GameXeon, Rabu (3/10), melalui keterbukaan codemaster pada modders, GameXeon telah berhasil membuat sebuah mobil dengan Liveries Batik yang tampak keren ketika parkir maupun ketika berjalan ngebut di area penuh debu.
Pakaian Batik juga bisa ditemukan di games The Sims 3 buatan perusahaan developer games asal Amerika Serikat, Electronic Art (EA). Seorang modders asal Indonesia bernama Gerald menciptakan Batik untuk Sims pria dan Sims wanita. Menurut Gerald, Batik merupakan pakaian yang bermotif sangat eksotis dan indah yang membuat para Sims sangat percaya diri dan senang ketika mengenakannya. Selain Gerald, ada juga modders asal Indonesia bernama Bagas yang juga menciptakan batik untuk The Sims 3. Bagas menciptakan pakaian batik untuk digunakan Sims saat pesta, dan batik untuk digunakan Sims ketika bersantai.
Melalui game, keindahan Batik dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dalam durasi yang panjang dan berpotensi dapat membuat mereka menjadi lebih bisa menyukai Batik, ini juga merupakan cara yang ampuh untuk mempopulerkan motif Batik yang menjadi ciri khas Indonesia.

No comments:

Post a Comment